Blogroll

Selasa, 26 April 2011

Manajemen Perjalanan Alam Bebas (MPAB)

MPAB merencanakan suatu Perjalanan ke alam bebas Harus ada persiapan dan penyusunan secara matang. ada rumusan yang umum digunakan yaitu 4W & 1 H, yang kepanjangannya adalah Where, Who, Why, When dan How.

Berikut ini aplikasi dari rumusan tersebut:
 
1. Where (Dimana), untuk melakukan suatu Kegiatan alam kita harus mengetahui dimana yang akan kita digunakan, Contoh: Gn. Bawakaraeng   
2. Who (Siapa), apakah anda akan melakukan Kegiatan alam tersebut sendiri atau dengan berkelompok. atau tim. Contoh: Satu Kelompok ( 25 Personil) Terdiri dari 20 Orang anggota Penuh (panitia) dan 5 Orang anggota muda (peserta)   
3. Why (Mengapa), ini adalah pertanyaan yang cukup panjang jawabannya dan bisa bermacam-macam Contoh : Untuk melakukan Gladimula, Pendakian bersama, ataupun ekspedisi.  
4. When (Kapan) waktu pelaksanaan Kegiatan tersebut, berapa lama?. Contoh: 23 April 2011 sampai dengan 25 April 2011
    Dari pertanyaan-pertanyaan 4 W, maka didapat suatu gambaran sebagai berikut:
    pada tanggal 23-25 April akan diadakan Pendakian Bersama ,yang akan dilaksanakan oleh 20 panitia dan diikuti 5 orang peserta untuk pengambilan atribut organisasi. Tempat yang digunakan untuk PB tsb yaitu gn Bawakaraeng.

    Untuk How/Bagaimana merupakan suatu pembahasan yang lebih komprehensif dari jawaban pertanyaan diatas ulasannya adalah sebagai berikut :
    • Bagaimana kondisi Tempat
    • Bagaimana cuaca disana
    • Bagaimana perizinannya
    • Bagaimana mendapatkan air
    • Bagaimana pengaturan tugas panitia
    • Bagaimana AcaraPB berlangsung
    • Bagaimana materi yang disampaikan
    • dan masih banyak Bagaimana ? (silahkan anda dapat mengembangkannya lagi)
    Dari Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang timbul itulah kita dapat menyusun Rencana Kegiatan yang didalamnya mencakup rincian :
    1. Pemilihan medan, dengan memperhitungkan lokasi basecamp panitia, pembagian waktu dan sebagainya.
    2. Pengurusan perizinan
    3. Pembagian tugas panitia
    4. Persiapan kebutuhan acara
    5. kebutuhan peralatan dan perlengkapan
    6. dan lain sebagainya.
    Dan yang tidak kalah pentingnya adalah anda akan mendapatkan point-point bagi kalkulasi biaya yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan tersebut.

    Pack it in

    Sebelum melakukan pendakian kita biasanya menentukan dahulu peralatan dan perlengkapan yang akan dibawa, jika telah siap semua inilah saatnya mempacking barang-barang tersebut ke dalam Carier atau backpack. Packing yang baik menjadikan perjalanan anda nyaman karena ringkas dan tidak menyulitkan.
    Prinsip dasar yang mutlak dalam mempacking adalah :

    Pada saat backpack dipakai beban terberat harus jatuh ke pundak, Mengapa beban harus jatuh kepundak, ini disebabkan dalam melakukan pendakian kedua kaki kita harus dalam keadaan bebas bergerak, bayangkan jika salah mempacking barang dan beban terberat jatuh kepinggul akibatnya adalah kaki tidak dapat bebas bergerak, dan anda menjadi cepat lelah karena beban backpack anda menekan pinggul belakang.
    Ingat : Letakkan barang yang berat pada bagian teratas dan terdekat dengan punggung.
    Membagi berat beban secara seimbang antara bagian kanan dan kiri pundak Tujuannya adalah agar tidak menyiksa salah satu bagian pundak dan memudahkan anda menjaga keseimbangan dalam menghadapi jalur berbahaya yang membutuhkan keseimbangan seperti : meniti jembatan dari sebatang pohon, berjalan dibibir jurang, dan keadaan lainnya.
    Pertimbangan lainnya adalah sebagai berikut :
    Kelompokkan barang sesuai kegunaannya lalu tempatkan dalam satu kantung untuk mempermudah pengorganisasiannya. Misal : alat mandi ditaruh dalam satu kantung plastik.
    Maksimalkan tempat yang ada, misalkan nesting (Panci Serbaguna) jangan dibiarkan kosong bagian dalamnya saat dimasukkan ke dalam ransel, isikan bahan makanan kedalamnya, misal : beras dan telur.
    • Tempatkan barang yang sering digunakan pada tempat yang mudah dicapai pada saat diperlukan, misalnya: rain coat / jas hujan pada kantong samping carrier/Ransel.
    • Hindarkan menggantungkan barang-barang diluar ransel, karena menggantungkan barang diluar ransel akan mengganggu perjalanan anda karena tersangkut-sangkut dan berkesan berantakan, usahakan semuanya dapat dipacking ke dalam carrier.
    Mengenai berat maksimal yang dapat diangkat oleh anda, sebenarnya adalah suatu angka yang relatif, patokan umum idealnya adalah 1/3 dari berat badan anda , tetapi ini kembali lagi ke kemampuan fisik setiap individu, yang terbaik adalah dengan tidak memaksakan diri, lagi pula anda dapat menyiasati pemilihan barang yang akan dibawa dengan selalu memilih barang/alat yang berfungsi ganda dengan bobot yang ringan dan hanya membawa barang yang benar-benar perlu. 
    Semoga bermanfaat. Selamat mencoba
    Jaya di Hutan 
    Jaya di Gunung
    Jaya Akademika 

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India